Dua Cara Kreatif Meramu Hidangan Dari Kurma

| Tidak ada komentar

Dua Cara Kreatif Meramu Hidangan Dari Kurma

Bulan Ramadan biasanya identik dengan kurma saat berbuka puasa. Namun tahukah Anda? Selain dikonsumsi sebagai buah, kurma juga bisa diramu sedemikan rupa untuk membuat minuman. Berikut 3 cara membuat minuman segar dari kurma yang bisa Anda coba untuk menu berbuka puasa.

Kombinasi Kurma Dan Susu

Para penikmat susu bisa mencoba cara ini untuk mendapatkan minuman kurma yang penuh nutrisi. Yang perlu dipersiapkan hanyalah 0.5 liter susu tawar dan 64 gram kurma. Namun, pastikan kurma yang dipakai sudah diambil bijinya dan diiris kecil-kecil.

Susu Kurma

Langkah Membuat Susu Kurma

  1. Panaskan susu dalam panci.
  2. Setelah susu panas, masukkan potongan kurma.
  3. Kecilkan api secara perlahan dan cek apakah air susu berubah warna menjadi kecokelatan.
  4. Tunggu hingga kurma mengambang, biasanya sekitar 10-15 menit.

Resep susu kurma di atas adalah rekomendasi dari Daily Hunt. Sebagai tambahan, Sean Macdougall dari The Ritz-Carlton Jakarta memiliki tips tambahan agar minuman susu kurma lebih nikmat. Dikutip dari CNN Indonesia, Executive Chef tersebut menyarankan agar kurma direndam dulu sebelum dicampurkan ke dalam minuman.

Tujuannya tak lain untuk melembutkan kurma sehingga buah tersebut memiliki tekstur yang halus. Untuk susu yang digunakan, Macdougall membagikan tips agar susu diblender karena mengandung nutrisi kurma yang larut saat proses perendaman.

Pasta Kurma Sebagai Pemanis

Pasta kurma di sini maksudnya adalah menghaluskan kurma sehingga bentuknya mirip seperti pasta yang bisa dicampurkan ke dalam minuman. Dengan pasta kurma, Anda bisa memperoleh minuman manis yang memiliki cita rasa khas kurma dan tidak mengandung bahan pemanis lainnya seperti gula.

Pasta kurma

Setelah memisahkan daging kurma dan bijinya, Anda tinggal menghaluskan daging kurma dengan blender dan mencampurnya dengan sediki air hingga konsistensinya sesuai selera. Pasta kurma bisa disimpan di dalam kulkas dan kemungkinan bertahan hingga 6 bulan, lho!

Dibandingkan gula, indeks glikemik kurma terbilang lebih rendah, yakni sekitar 38-46. Gula kelapa sendiri memiliki indeks glikemik sebanyak 54, sedangkan gula tebu mencapai 65. Sementara itu, pemanis dari bahan organik lain seperti sirup maple dan madu masing-masing memiliki indeks glikemik sebesar 54 dan 58.

Untuk mendapatkan rasa minuman yang ideal dari pasta kurma, Anda dianjurkan menggunakan rasio 1:1. Sebagai contoh, jika biasanya Anda menggunakan 1 sendok gula dalam minuman, maka Anda bisa memakai 1 sendok pasta kurma sebagai pengganti.

Yang perlu diperhatikan, meskipun kandungan glikemik kurma relatif rendah, buah ini termasuk tinggi kalori. Jadi untuk mendapatkan pola minum yang sehat, sebaiknya konsumsi minuman dengan pasta kurma secara moderat saja.

Penulis:

Content writer pemerhati bahasa dan ide-ide tulisan gaya hidup. Sedang mencari inspirasi menghadapi quarter life crisis di tengah dinamika masyarakat yang terlalu bersosial.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi