7 Menu Sarapan Populer Yang Berbahaya Bagi Kesehatan

| Tidak ada komentar

7 Menu Sarapan Populer Yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Sarapan atau makan pagi merupakan salah satu aktivitas penting yang bisa mempengaruhi kesehatan dan gaya hidup. Maka dari itu, menu sarapan tentu tak bisa diatur sembarangan. Apakah makanan ringan seperti roti dan sereal itu sudah baik untuk sarapan? Ternyata tidak juga…

Para ahli memiliki berbagai pendapat tentang makanan dan minuman apa saja yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat sarapan. Hal ini tentunya didasarkan pada hasil penelitian terkait pola hidup sehat dan program diet yang didukung oleh menu sarapan.

Ternyata, banyak di antara hidangan yang tidak disarankan merupakan menu sarapan yang dianggap sehat dan umum dikonsumsi masyarakat selama ini. Bagaimana bisa? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Kue Muffin

Sarapan Muffin

Dikenal sebagai salah satu jenis cupcake karena bentuknya, muffin mungkin bisa dikatakan lebih “sehat” karena tidak memiliki frosting yang mengandung banyak gula. Meskipun begitu, kue muffin sendiri sebenarnya juga tinggi gula, apalagi jika Anda tidak teliti membelinya di toko yang menggunakan bahan berprotein rendah.

2. Sereal

Sarapan sereal

Dari awal kemunculannya, sereal sudah diperkenalkan sebagai menu sarapan yang nikmat dan mudah dibuat. Di beberapa negara, sereal bahkan sudah seperti menjadi menu sarapan wajib. Namun di balik popularitasnya, tersimpan sebuah fakta bahwa sereal merupakan makanan bergizi rendah. Bukannya memberikan nutrisi yang diberikan saat sarapan, sereal justru bisa membuat seseorang mudah lapar setelah mengkonsumsinya.

Hal ini dikonfirmasi oleh Kelli McGrane MS, seorang ahli diet. Menurutnya:

“Sereal dibuat dari olahan tepung yang berarti rendah serat. Bahkan, sereal yang diklaim berbahan dasar biji-bijian biasanya memiliki komposisi biji-bijian sangat sedikit. Selain tinggi gula, makanan ini pun rendah protein.”

3. Roti Bagel

Sarapan roti bagel

Roti bagel mungkin masih jarang dijumpai sebagai menu sarapan di Indonesia. Meskipun begitu, jenis roti ini termasuk menu sarapan yang populer di beberapa negara barat.

Sebagai informasi, bagel terkenal memiliki rasa asin sehingga tidak dianggap tinggi gula seperti donat. Akan tetapi, roti ini tetap kurang disarankan untuk sarapan karena merupakan salah satu sumber karbohidrat tinggi. Apabila disajikan dengan topping, bagel bahkan bisa berisiko meningkatkan kolesterol dan lemak jenuh.

5. Jus

Sarapan jus buah

Apakah Anda gemar minum jus di pagi hari? Jika ya, mungkin Anda perlu memikirkan ulang kebiasaan tersebut setelah ini. Pasalnya, direktur dan ahli gizi Daily Harvest, Amy Shapiro, telah mengkonfirmasi bahwa jus mengandung kadar gula yang tinggi. Hal itu terjadi berkat proses pengolahan buah menjadi jus. Ditambah lagi, satu gelas jus bisa mengandung hingga 300 kalori. Jika ingin mengkonsumsi menu minuman sehat saat sarapan, Amy menyarankan smoothies yang lebih tinggi serat.

5. Roti Gandum

Sarapan roti gandum

Daripada roti tawar biasa yang memang sebaiknya tidak dikonsumsi setiap hari, roti gandum sering dipromosikan sebagai jenis roti yang lebih sehat. Namun demikian, tidak semua brand roti gandum mengolah produknya dengan gandum asli. Kebanyakan justru menggunakan olahan roti putih untuk membuat roti gandum. Jika ingin sarapan dengan jenis roti ini, Anda perlu benar-benar jeli memilih produk yang sesuai.

6. Kopi

Sarapan kopi

Minum kopi di pagi hari memang bisa membangkitkan semangat dan dianggap menambah energi. Namun jika tidak ingin menimbun efek buruk yang bisa datang di kemudian hari, sebaiknya hindari kopi yang mengandung banyak zat aditif atau perasa. Maggie Michalczyk, ahli diet dari Once Upon a Pumpkin mengutarakan bahwa kopi yang ditambhakan dengan perasa, kalori, dan gula, akan kehilangan nutrisi dan menyebabkan seseorang mudah merasa gelisah di sepanjang hari.

7. Sosis

Sarapan sosis

Sosis termasuk makanan yang banyak dikonsumsi masyarakat dunia, termasuk di Indonesia. Tak sedikit orang yang gemar mengkonsumsi sosis sebagai menu sarapan. Namun ternyata, sosis dianggap kurang baik untuk disantap di pagi hari karena memiliki porsi natrium berlebih yang dapat meningkatkan tekanan darah.

“Tekanan darah yang tinggi berpotensi merusak jantung hingga menimbulkan penyakit kolesterol.”

ahli gizi dan juru bicara Akademi Nutrisi dan Diet, Roxana Ehsani.

Demikian 7 makanan dan minuman yang tidak disarankan untuk dikonsumsi saat sarapan. Terlepas dari popularitas mereka sebagai menu sehat, ada risiko kesehatan yang perlu diperhatikan jika Anda mengkonsumsinya secara rutin.

Penulis:

Content writer pemerhati bahasa dan ide-ide tulisan gaya hidup. Sedang mencari inspirasi menghadapi quarter life crisis di tengah dinamika masyarakat yang terlalu bersosial.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi