Mengulik Kentang Tornado, Jajanan Viral Di Drama Mr Queen

| Tidak ada komentar

Mengulik Kentang Tornado, Jajanan Viral Di Drama Mr Queen

Popularitas drama korea di kalangan penggemar Indonesia memang tak diragukan lagi. Setelah corn dog yang menjadi naik daun berkat drama Korea Start Up, kali ini giliran kentang tornado yang banyak menjadi sorotan setelah muncul di episode ke-12 Mr. Queen. Apa istimewanya makanan ini?

Seperti namanya, kentang tornado memiliki keunikan tersendiri karena bentuknya yang meliuk-liuk bagaikan tornado. Untuk bisa membuat bentuk makanan seperti itu, sebenarnya ada alat khusus yang digunakan pada kentang. Namun bila ingin belajar membuat kentang tornado secara manual, Anda bisa memotong kentang secara berulir tanpa putus untuk mendapatkan bentuk spiral. Tokoh Kim So-yong di Mr. Queen sendiri melakukannya dengan membuat irisan melingkar pada kentang menggunakan pisau.

Tak hanya cara mengirisnya yang unik, penyajian kentang tornado ini juga lumayan menarik karena perlu ditusuk dan direntangkan agar bentuk spiralnya terlihat sempurna. Teknik menggorengnya pun tak bisa sembarangan karena harus dengan cara deep frying, mirip jajanan gorengan pada umumnya.

Sudah Populer Sejak Dulu

Kentang tornado sebenarnya bukanlah jajanan baru. Di Korea Selatan, kuliner ini sudah lama dinikmati warganya di pusa-pusat street food. Kentang tornado juga sudah masuk ke pasar Indonesia sebelum ini, meski keberadaannya tidak se-mainstream makanan khas Korea lain seperti tteokbokki, bulgogi, dan semacamnya.

Tidak hanya disajikan dalam bentuk spiral yang melingkari alat tusuknya, makanan yang dalam bahasa lokalnya disebut sebagai toneido gamja atau hweori gamja ini juga memiliki varian lain. Biasanya, penjual kentang tornado juga memberikan pilihan lain berupa kentang tornado isi sosis, sehingga bentuk kentang spiral akan tampak seperti melingkari sosis yang sebelumnya telah ditusuk.

Kentang Spiral Sosis

Soal rasa, kentang tornado ini pada dasarnya mirip seperti keripik kentang dengan tekstur bagian tengah yang sedikit empuk. Untuk semakin menambah cita rasa, kentang tornado juga bisa disajikan dengan bumbu tambahan yang beraneka rasa. Mulai dari taburan keju, bubuk bawang putih, hingga yang dikombinasikan dengan olesan madu, penikmat kentang tornado bebas memilih jenis bumbu yang disukainya. Pembeli juga bisa menikmati kentang tornado isi sosis dengan saus tomat ataupun mustard.

Yang perlu diperhatikan, kentang tornado juga bisa menimbulkan “insiden” jika tidak dimakan dengan hati-hati. Pasalnya, ukurannya yang panjang dan tusuk makanan yang panjang serta tajam berisiko membuat konsumen cidera.

Jadi apabila kamu tertarik mencoba kentang tornado karena fenomenanya yang tengah viral berkat drama Mr. Queen, selalu hati-hati ya… Lebih baik jangan memakannya secara tergesa-gesa apalagi kurang fokus karena mengerjakan pekerjaan lain.

Penulis:

Content writer pemerhati bahasa dan ide-ide tulisan gaya hidup. Sedang mencari inspirasi menghadapi quarter life crisis di tengah dinamika masyarakat yang terlalu bersosial.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi