Ragam Makanan Khas Sunda Ini Siap Memanjakan Lidah Kamu

| Tidak ada komentar

Ragam Makanan Khas Sunda Ini Siap Memanjakan Lidah Kamu

Selain terkenal dengan muda-mudinya yang rupawan, Sunda juga punya banyak makanan khas yang super menggoda. Mulai dari makanan berat hingga cemilan dan minuman segar bisa kamu temukan dengan mudah ketika berada di Sunda.

Nah buat kamu yang sedang liburan di daerah Jawa Barat, sederet makanan khas Sunda ini sayang banget kalau dilewatkan. Jangan sampai pengalaman liburan kamu terasa kurang lengkap, karena belum mencicipi seluruh kuliner khas berikut ini:

Nasi Timbel

Salah satu makanan yang cocok untuk dijadikan menu saat kumpul keluarga yakni nasi timbel. Rasa dan tampilan nasi timbel sendiri hampir menyerupai nasi liwet, yakni nasi yang dimasak dengan ikan teri, dan daun serai.

Hanya saja, penyajian nasi timbel biasanya dibungkus duan pisang. Ayam kremes, ikan asin dan sayur asem bisa jadi teman makan nasi timbel.

Karedok

Jika Betawi punya gado-gado, Sunda punya karedok yang memiliki cita rasa tak kalah lezat. Berbeda dengan olahan sayur lain seperti gado-gado dan lotek, makanan khas Sunda satu ini menggunakan sayuran mentah yang hanya dicuci dan dipotong-potong.

Selanjutnya, sayuran akan disiram dengan bumbu kacang hingga seluruh bagiannya terendam. Menu ini sangat cocok buat kamu yang sedang menjalankan program diet lho!

Nasi Tutug Oncom

Meski tidak sepopuler dua kuliner khas sebelumnya, namun untuk masalah rasa kamu tak perlu mempertanyakan lagi. Hidangan asal Tasikmalaya ini merupakan olahan nasi yang dicampur dengan oncom.

Nasi tutug oncom sendiri sudah banyak dijual di restoran, dan biasanya disajikan dengan tambahan ikan asin, jeruk nipis, tempe kemudian dibungkus dalam daun pisang.

Soto Mie

Jika biasanya soto hanya disajikan dengan soun, irisan daging dan bumbu pelengkap, di Sunda kamu bisa mencoba soto mie. Makanan yang cocok disantap saat masih panas ini terdiri dari mie kuning, daging ayam atau kikil sapi, bumbu pelengkap, kemudian disiram dengan kuah kaldu kental.

Buat kamu yang suka dengan cita rasa asam, juga bisa menambahkan siraman jeruk nipis atau sedikit cuka. Lengkapi dengan sambal biar rasanya makin mantap ya.

Mie Kocok

Makanan khas Sunda satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Ya, mie kocok merupakan salah satu kuliner tradisional yang masih banyak dijual di Bandung.

Namun apa sih yang membuat mie kocok masih populer hingga saat ini? Kuah kaldu, suwiran ayam dan mie telor pipih khas Bandungnya lah yang membuat kuliner ini masih laris diburu pembeli.

Saat ini sudah banyak juga penjual yang mengkreasikan mie kocok dengan topping lain, seperti bakso.

Gemblong

Puas berburu makanan berat, kini saatnya buat kamu memanjakan lidah dengan cemilan-cemilan lezat khas Sunda. Salah satunya ialah gemblong, jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras ketan.

Tepung beras ketan selanjutnya akan diolah bersama dengan gula aren, kemudian digoreng hingga terbentuklah cemilan yang krispi di luar dan legit di dalam.

Surabi

Sebenarnya ada begitu banyak versi surabi di Indonesia, seperti serabi Solo. Namun masing-masing daerah tentu memiliki memiliki ciri khasnya tersendiri.

Seperti surabi Sunda yang menggunakan irisan kelapa sebagai toppingnya. Namun seiring berkembangnya zaman, sekarang sudah banyak surabi Sunda yang dijual dengan topping coklat bahkan oncom.

Selain tujuh jenis makanan khas Sunda di atas, masih ada banyak kuliner menggugah selera lain yang siap kamu nikmati ketika berada di Jawa Barat.

Untuk menemukan kuliner lezat lain dan resto terbaiknya, kamu bisa cek di Makantoday.com

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi