5 Ide Bisnis Kuliner Yang Tepat Untuk Pemula

| Tidak ada komentar

5 Ide Bisnis Kuliner Yang Tepat Untuk Pemula

Memulai suatu usaha bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan pemula sekalipun. Apabila kamu masih pemula dan tertarik mendalami bisnis kuliner, 5 ide peluang usaha ini bisa menjadi referensi sebelum memulai bisnis kamu.

Karena kebutuhan manusia yang tak ada habisnya terhadap makanan, usaha kuliner akan selalu menjadi sektor bisnis yang potensial. Tak heran, banyak pemula tertarik menjajaki bisnis kuliner untuk memulai karir di bidang usaha.

Mulai dari hidangan utama hingga jajanan ringan, ada begitu banyak menu makanan yang bisa dikembangkan sebagai ide bisnis kuliner. Namun demikian, tak semuanya cocok bagi pemula yang baru terjun di bidang ini. Dari sekian banyak macam usaha kuliner, berikut adalah 7 ide bisnis kuliner yang direkomendasikan untuk pemula:

1. Gorengan

Ide Bisnis Gorengan

Usaha kuliner ini tepat bagi pemula karena hanya memerlukan modal kecil. Selain itu, cara memasaknya pun tidak terlalu kompleks, dan peminatnya lumayan tinggi. Rata-rata masyarakat Indonesia saat ini masih sangat menyukai berbagai jenis gorengan karena rasanya yang gurih dengan berbagai varian isi.

Gorengan sebaiknya disediakan dalam lebih dari 3 jenis agar dapat mengakomodasi selera pembeli yang bermacam-macam. Jikapun hanya berniat menjual satu jenis gorengan, sebaiknya pilih yang bisa disajikan dalam berbagai rasa, misalkan molen isi pisang, molen coklat, molen keju, dan sejenisnya.

2. Kue

Ide Bisnis Kue

Hobi membuat kue? Daripada hanya sekedar menjadi aktivitas yang menghabiskan waktu dan biaya, kenapa tidak sekalian dikembangkan menjadi bisnis yang mendatangkan penghasilan? Kamu bisa menjadi penjual kue basah ataupun kering, tergantung keahlian dan hobi kamu.

Ide bisnis kuliner yang satu ini bisa dilakukan offline maupun online. Kamu bisa memanfaatkan jasa pengiriman makanan online yang saat ini sedang mainstream seperti GrabFood dan GoFood.

3. Minuman Kekinian

Ide Bisnis Minuman Kekinian

Selain makanan, menu minuman juga bisa menjadi ide bisnis kuliner yang menarik. Kemudahan dalam membuat adalah salah satu keunggulan usaha minuman, terutama untuk jenis minuman-minuman kekinian yang saat ini tengah digrandungi kawula muda.

Tak sedikit brand-brand baru yang viral dalam waktu singkat hanya dengan mengandalkan menu-menu minuman kekinian mereka. Jika kamu bisa membuat minuman kekinian sendiri dan menambahkan sedikit keunikan yang menjanjikan, bukan tak mungkin usahamu cepat lepas landas seperti halnya merchant-merchant teh boba dan kopi kekinian yang kini menjamur di pasaran.

4. Frozen Food

Ide Bisnis Frozen Food

Makanan beku bisa menjadi salah satu ide bisnis kuliner yang menjanjikan buat pemula, apalagi jika basis konsumenmu tinggal di wiliayah perkotaan. Pasalnya, masyarakat kota cenderung memiliki gaya hidup yang menuntut efisiensi tinggi, sehingga menu frozen food kerap menjadi andalan untuk menjadi solusi makanan.

Nugget, bakso, sosis, dimsum, hingga pempek adalah contoh-contoh frozen food yang bisa kamu pasarkan. Ada juga maknan manis yang bisa dijual dalam keadaan beku seperti dessert box ataupun donat yang sudah digoreng setengah matang.

5. Martabak Mini

Ide Bisnis Martabak Mini

Menu camilan ini merupakan salah satu solusi bisnis kuliner yang tidak memerlukan banyak modal dan cukup mudah dibuat. Pangsa pasarnya juga masih potensial karena penjual martabak mini belum seramai penjual gorengan ataupun kue.

Untuk menambah daya tarik, kamu bisa menjual menu makanan ini dengan beberapa macam topping. Namun karena konsepnya sebagai camilan, pastikan harga yang kamu banderol tidak terlalu mahal. Apabila sampai melebihi Rp5,000 misalnya, disarankan untuk menekan biaya produksi agar menu makanan yang kamu sajikan tetap memiliki harga yang kompetitif.


Itulah 5 macam ide bisnis kuliner yang mungkin bisa kamu coba jika masih pemula di bidang ini. Apapun jenis makanan yang kamu pilih nantinya, selalu ingat bahwa dalam setiap bisnis pasti ada yang namanya jatuh bangun. Untuk itu, jangan cepat menyerah jika hasil yang kamu terima di awal kurang sesuai harapan. Apabila kamu serius ingin membangun bisnis kuiner, gunakanlah kegagalan sebagai pelajaran untuk memperbaiki usahamu di masa mendatang. Selalu belajar dan evaluasi dari pengalaman akan menguatkanmu sebagai pebisnis yang handal di bidangnya.

Selamat mencoba!

Penulis:

Content writer pemerhati bahasa dan ide-ide tulisan gaya hidup. Sedang mencari inspirasi menghadapi quarter life crisis di tengah dinamika masyarakat yang terlalu bersosial.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi