Resep Ayam Ungkep Spesial, Bumbunya Meresap Hingga Ke Tulang

| Tidak ada komentar

Resep Ayam Ungkep Spesial, Bumbunya Meresap Hingga Ke Tulang

Istilah ungkep dikenal secara luas dalam khasanah kuliner Nusantara. Selain karena hasilnya yang lezat dan banyak diminati, cara memasaknya pun cukup unik dan bertujuan untuk membuat bumbu meresap sempurna sampai ke bahan makanan.

Namun, membuat hidangan ungkep sebenarnya gampang-gampang susah. Untuk itu, di sini kita akan belajar resep ayam ungkep spesial yang bumbunya meresap hingga ke tulang.

Bahan Membuat Ayam Ungkep

Bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep ayam ungkep istimewa ini antara lain 1 kilogram ayam potong, 1 ruas lengkuas yang digeprek, air matang, dan garam secukupnya. Setelah itu, siapkan bahan-bahan bumbu halus yang terdiri dari:

  • 12 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 20 biji ketumbar
  • 3 ruas kunyit bakar
  • 2 ruas jahe

Sebagai pelengkap, pastikan pula kamu telah memiliki 5 lembar daun jeruk yang telah dibuang batang tengahnya, 4 lembar daun salam, dan 4 batang sereh geprek,

Cara Membuat Ayam Ungkep Spesial

Proses memasak merupakan tahap terpenting dalam membuat ayam ungkep dan memastikan agar bumbunya benar-benar meresap. Maka dari itu, pastikan kamu benar-benar memperhatikan langkah-langkah berikut:

  1. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak dan api sedang hingga harum.
  2. Kemudian, masukkan bumbu daun + lengkuas geprek dalam tumisan bumbu halus.
  3. Masukkan ayam potong yang sudah dicuci bersih, goreng sampai warna ayam sedikit berubah.
  4. Tambahkan air (disarankan yang mendidih) sampai kira-kira setengah bagian ayam terendam, lalu aduk rata bumbu dan airnya. Tambahkan sedikit garam.
  5. Ungkep ayam kurang lebih 30-45 menit sampai matang dengan ukuran api low-medium. Jika airnya kurang, kamu boleh menambahkannya sedikit demi sedikit.
  6. Setelah ayam matang, tiriskan dan kamu bisa langsung menggorengnya atau menyimpannya di kulkas.
  7. Sisa air dari proses ungkep bisa dijadikan kaldu untuk kuah sop, soto, atau masakan berkuah lainnya yang kompatibel.

Penulis:

Content writer pemerhati bahasa dan ide-ide tulisan gaya hidup. Sedang mencari inspirasi menghadapi quarter life crisis di tengah dinamika masyarakat yang terlalu bersosial.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi