Diyakini Tetap Naik, Ini Dia Trend Kuliner 2021 Yang Perlu Kamu Tahu

| Tidak ada komentar

Diyakini Tetap Naik, Ini Dia Trend Kuliner 2021 Yang Perlu Kamu Tahu

Penyebaran virus Corona yang melumpuhkan hampir semua sektor di tahun 2020 memang sangat disesalkan. Namun, efek pandemi juga menciptakan trend kuliner baru yang diperkirakan masih terus bertahan hingga 2021. Apa sajakah itu?

Dengan adanya pembatasan sosial dan aktivitas lain yang melibatkan kontak fisik, belanja kuliner menjadi salah satu pilihan utama yang diandalkan masyarakat Indonesia untuk mengisi waktu. Karena itu, tak heran jika era pandemi COVID-19 sekaligus menandai bangkitnya kuliner lokal yang mampu survive secara online.

“Jadi ada momentum yang justru mengangkat kuliner lokal. Yang disebut kuliner lokal dan tradisional adalah dari bahan yang ada di sekitar kita,” kata Heri Priyatmoko sebagaimana dilansir CNN Indonesia.com.

Pengamat kuliner tersebut menyoroti peran pembatasan sosial dalam mendorong orang-orang untuk mulai menciptakan bahan makanan sendiri dan meningkatkan daya beli di sektor kuliner.

Ghost Kitchen Hingga Makanan Sehat Bernutrisi

Akibat berbagai aturan pembatasan selama pandemi, beberapa bisnis kuliner kini ganti strategi dan mengubah model usaha dari yang semula restoran menjadi ghost kitchen.

Ghost kitchen sendiri sejatinya mengandalkan layanan delivery dan tidak memiliki restoran fisik untuk pelanggan makan di tempat. Analis riset senir dari International Data Corporation (IDC), Dorothy Creamer, mengutarakan bahwa kelebihan ghost kitchen adalah tidak memerlukan modal besar seperti restoran pada umumnya. Selain itu, ghost kitchen tidak memerlukan banyak staff ataupun tempat atau bangunan yang luas.

Ghost Kitchen

Dari deskripsinya, ghost kitchen tampak paling ideal diadopsi oleh bisnis makanan siap saji. Namun pada praktiknya, trend kuliner ini sudah merambah bisnis belanja bahan makanan.

Karena itulah, ghost kitchen dianggap sebagai model bisnis yang ramai di tahun 2020, dan diyakini bisa berlanjut hingga 2021. Apalagi, aplikasi online untuk pengiriman makanan saat ini sedang tumbuh pesat. Jika variasi menu makanan pada ghost kitchen bisa ditingkatkan, bukan tidak mungkin trend kuliner ini bisa tetap bertahan pasca musim pandemi.

Selain ghost kitchen, trend kuliner yang diyakini masih akan berjaya di tahun 2021 adalah menu makanan sehat. Pasalnya, menu makanan bernutrisi bisa memenuhi tuntutan masyarakat untuk senantiasa menjaga kesehatan di tengah wabah virus Corona.

Trend makanan sehat

Produk dengan versi ‘lebih sehat’ cenderung mudah diterima masyarakat, meskipun harganya lebih tinggi dari produk versi normalnya. Misalnya, mie instan Lemonilo yang diklaim tanpa pengawet dan MSG sempat menyedot perhatian masyarakat, dan cukup banyak dijadikan bahan konten oleh para influencer di social media.

Dengan pandemi Corona yang belum berakhir di tahun 2021, trend kuliner makanan sehat tampaknya belum akan usai.

Penulis:

Content writer pemerhati bahasa dan ide-ide tulisan gaya hidup. Sedang mencari inspirasi menghadapi quarter life crisis di tengah dinamika masyarakat yang terlalu bersosial.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi