Trik Menyimpan Sisa Kue Natal Yang Wajib Kamu Tahu

| Tidak ada komentar

Trik Menyimpan Sisa Kue Natal Yang Wajib Kamu Tahu

Perayaan natal biasanya identik dengan berbagai kue yang menghangatkan suasana. Namun sayangnya, stok kue natal kadang masih tersisa sehingga perlu disimpan sebaik mungkin agar tak terbuang sia-sia. Meskipun sajian natal umumnya didominasi oleh kue kering yang relatif tahan lama, ternyata cara menyimpan jenis makanan ini tak boleh sembarangan.

Berikut ini 3 cara yang direkomendasikan jika kamu ingin menyimpan stok kue natal secara aman dan efektif:

Perhatikan Durasi

Trik menyimpan kue natal

Kadang kala, tak butuh waktu lama bagi kamu dan keluarga untuk menghabiskan kue natal. Jika ternyata waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 1-3 hari setelah kue dipanggang, cukup pastikan bahwa kue disimpan di suhu ruangan. Banyak tempat yang bisa kamu pertimbangkan, mulai dari di atas meja, di dalam lemari, atau di dalam kotak. Yang jelas, kue sebaiknya dijauhkan dari panas dan sinar matahari langsung.

Lalu bagaimana jika ternyata kue tak habis setelah 3 hari? Kamu bisa menaruh kue di dalam kotak dan membungkus kotak dengan plastik, menggunakan tutup kue akrilik, atau menutup kue yang ditaruh di atas piring. Lebih bagus lagi jika kamu punya wadah penyimpanan kue yang berbentuk kubah dan bisa memastikan kue terkunci rapat.

Hindari Kulkas

Jangan simpan kue kering di kulkas

Jika kulkas selama ini akrab dianggap sebagai solusi mudah mengawetkan makanan, maka tidak demikian halnya dengan kue natal. Faktanya, mendinginkan kue di kulkas justru akan membuatnya lebih cepat basi. Saat kue mendingin, molekul pati dalam tepung yang terserap air saat adonan dipanggang akan mengkristal kembali, sehingga memaksa air keluar ke permukaan atau menguap.

Manfaatkan Freezer

Simpan kue natal di freezer

Daripada sekedar menyimpan kue natal di kulkas, lebih baik sekalian bekukan kue dalam freezer. Cara ini terutama berguna jika kamu belum berencana menghabiskan stok kue natal dalam waktu dekat (1-3 hari). Sebelum memasukkan kue ke freezer, pastikan kue ditempatkan dalam kotak dan dibungkus dengan dua lapis plastik.


Itulah kiat-kiat yang bisa kamu terapkan untuk menyimpan sisa kue natal. Beberapa cara di atas juga efektif untuk diterapkan terhadap roti dan makanan panggang lainnya.

Penulis:

Content writer pemerhati bahasa dan ide-ide tulisan gaya hidup. Sedang mencari inspirasi menghadapi quarter life crisis di tengah dinamika masyarakat yang terlalu bersosial.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi