5 Jenis Makanan Ini Aman Dikonsumsi Pada Malam Hari

| Tidak ada komentar

5 Jenis Makanan Ini Aman Dikonsumsi Pada Malam Hari

Sudah menjadi pemahaman umum jika makan di malam hari merupakan aktivitas yang sebaiknya tidak dilakukan. Selain tidak baik untuk kesehatan, makan di malam hari juga bisa berpengaruh negatif bagi berat badan. Namun ternyata, ada jenis-jenis makanan tertentu yang masih aman dikonsumsi pada malam hari. Apa sajakah itu?

1. Buncis

Hidangan buncis

Hidangan sayur yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi di malam hari adalah buncis. Vitamin B6 yang banyak terkandung dalam buncis dipercaya penting untuk sintesis serotonin. Sebagai variasi, masakan buncis untuk makan malam bisa diperkaya dengan mentimun, zucchini, atau batang wortel.

2. Jagung

Konsumsi jagung di malam hari

Suka mencari camilan di malam hari? Daripada menyantap gorengan atau snack lain yang belum tentu sehat dan sesuai untuk program diet kamu, coba konsumsi jagung rebus sebagai pengganjal perut. Pastikan untuk tidak menambahkan banyak mentega atau garam, sehingga jagung rebus yang kamu konsumsi tetap efektif menyerap kelebihan kolesterol dari tubuh.

3. Keju dan Anggur

Keju dan anggur

Makan di malam hari juga bisa dilakukan dengan aman dengan menu hidangan keju dan anggur. Meskipun keju umumnya mengandung banyak kalori, tapi makanan ini juga memiliki zat lain yang bermanfaat seperti triptofan, protein, dan kasein. Nah, kasein sendiri memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan otot terutama apabila dikonsumsi sebelum tidur. Terlepas dari itu, anggur yang kaya melatonin juga diyakini baik dimakan sebelum tidur.

4. Telur

Konsumsi telur di malam hari

Jika sedang lapar saat malam hari dan sulit mencari buncis, jagung, keju, ataupun anggur, kamu bisa mencari alternatif lain yang jauh lebih mudah ditemukan, yakni telur. Sumber protein ini mengandung asam amino esensial yang mengenyangkan, sehingga cukup aman dikonsumsi saat malam hari. Cara makan telur paling disarankan dalam hal ini adalah dengan merebusnya.

5. Ikan

Ikan Cod
Fresh caught Cod Fish in Iceland

Ikan cod atau flounder adalah jenis makanan lain yang bisa dikonsumsi secara aman di malam hari. Mengapa demikian? Pilihan ikan yang kaya nutrisi asam lemak omega-3 dipercaya bisa memecah lemak dengan baik. Selain itu, kandungan protein dalam ikan sangat bermanfaat bagi metabolisme tubuh.


Itulah 5 jenis makanan yang bisa menjadi solusi apabila kamu sering lapar di malam hari. Intinya, hindari makanan yang terlalu banyak mengandung lemak dan kalori. Jenis hidangan yang direkomendasikan umumnya adalah yang baik bagi metabolisme, sehingga efeknya tidak buruk bagi kesehatan dan tidak mengganggu program kamu apabila kamu sedang menjalani diet.

Penulis:

Content writer pemerhati bahasa dan ide-ide tulisan gaya hidup. Sedang mencari inspirasi menghadapi quarter life crisis di tengah dinamika masyarakat yang terlalu bersosial.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi