Kuliner Khas Bali, Cocok Buat Para Pelancong yang Sedang Berlibur di Pulau Dewata

| Tidak ada komentar

Kuliner Khas Bali, Cocok Buat Para Pelancong yang Sedang Berlibur di Pulau Dewata

Berkat keindahan wisata alam dan budayanya, Bali dikenal hingga mancanegara. Apalagi di penghujung akhir tahun nanti, di mana waktu liburan tiba dan Bali masih menjadi tempat favorit bagi para wisatawan.

Tidak hanya karena hal tersebut, wisata kulinernya tidak kalah menarik. Liburan akan terasa lebih sempurna dengan mencicipi makanan-makanan khasnya. Berikut kuliner khas Bali yang akan membuat penasaran para pelancong sehingga ingin segera mencicipinya saat berlibur di Pulau Dewata ini.

1. Nasi Campur Bali

Nasi campur ini merupakan hidangan nasi yang dicampur dengan sayur dan bumbu pedas khas Bali. Biasanya berisi potongan daging, sayur kari, bayam, dan sambal di atas nasi yang dibungkus daun pisang.

Nah karena mayoritas penduduknya beragama Hindu, ciri khas dari nasi campur Bali yang membedakannya dengan yang lain adalah penambahan lawar dan babi guling. Sebagai penambah cita rasa Bali, ditambahkan bumbu base genep khas Bali sebagai teman makan pelengkap lawar tadi.

2. Nasi Jinggo

Nasi yang berbentuk mini ini merupakan nasi putih atau kuning yang dilengkapi dengan lauk-pauk dan sambal yang dikemasan daun pisang dalam porsi kecil. Atau lebih modern lagi ditambah isian daging sapi atau babi. Asal kata nama jinggo-nya diambil dari bahasa Hokkien, jeng go yang berarti seribu lima ratus karena dulunya nasi ini dijual seharga Rp1500. Hingga kini, nasi ini masih disebut sebagai nasi jinggo, meski zaman dan harga sekepal nasi ini telah berubah.

3. Sudang Lepet Bumbu Jukut Undis

Berbeda dengan kedua makanan sebelumnya, sudang lepet ini merupakan nasi campur atau nasi urap yang disajikan dengan ikan asin yang digoreng kering dan renyah. Disiram dengan bumbu kacang hitam bernama jukut undis makin menambah keunikan dan kenikmatan rasanya.

4. Serombotan

Serombotan terbuat dari sayur kecipir, tauge, terong bulat, pare yang dimasak setengah matang. Ciri khas serombotan yang membedakannya dengan makanan lain adalah bumbu kalas yang terbuat dari kacang panjang. Kalas inilah yang menjadi ciri khas serombotan. Karena kelezatannya, Bondan Winarno saja memberi kesan maknyus atas hidangan ini.

5. Lawar Bali

Masakan berupa campuran sayur-sayuran dan daging cincang ini dinamai lawar. Supaya menambah kenikmatannya, pada bagian bumbu tertentu ditambahkan darah hewan setengah matang.

Cita rasa yang dihasilkan bercampur antara manis, asin, pedas, asam, pahit, bau terasi dan tentunya amis. Cita rasa unik inilah yang kenapa makanan ini direkomendasikan.

6. Rujak Kuah Pindang

Rujak kuliner khas Bali ini merupakan kombinasi dari beberapa buah segar yang mirip seperti rujak gula karena penggunaan buahnya yang sama. Yang menjadi ciri khas Balinya adalah kaldu pelengkapnya. Kaldu ini terbuat dari ikan, garam, cabai, dan terasi yang digiling lembut dan dicampur kaldu ikan tanpa air.

7. Kue Laklak

Makanan penutup bernama Laklak ini mirip kue serabi. Terbuat dari bahan dasar tepung beras, laklak disajikan dengan taburan parutan kelapa dan guyuran gula merah cair. Penyajian adonannya dipanggang dengan kayu bakar. Sehingga, tercium aroma kayu bakar dari bagian laklak tadi yang membuatnya enak untuk disantap.

Penasaran dengan macam-macam hidangan kuliner khas Bali lainnya? Jangan khawatir karena makantoday.com akan menampilkan banyak rumah makan lengkap dengan menunya. Sekarang tidak akan kejadian lagi pindah tempat makan hanya karena menunya tidak sesuai harapan.

Jika kamu memiliki rumah makan mau itu jenis kafe atau pun warung, makantoday.com menjadi solusi terbaik memberikan halaman website yang menampilkan menu makanan di tempatmu secara gratis. Lalu, menu makananmu akan bisa diakses di mana saja dan dengan begini kamu bisa menjangkau pelangganmu lebih banyak lagi.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi