Tak Cuma Matah, Ini Dia 4 Sambal Khas Bali Yang Wajib Kamu Coba

| Tidak ada komentar

Tak Cuma Matah, Ini Dia 4 Sambal Khas Bali Yang Wajib Kamu Coba

Kamu pecinta makanan pedas? Jika ya, pasti kamu sudah mengenal sambal matah yang terkenal dengan cita rasa fresh-nya. Usut punya usut, sambal ini ternyata bukan satu-satunya sambal yang berasal dari pulau Dewata. Jika kamu penasaran, yuk simak apa saja sambal khas Bali selain matah di bawah ini.

1. Sambal Nyuh

Sambal Nyuh Khas Bali

Namanya terkesan simpel. tapi bukan berarti sajian sambal yang satu ini bisa diremehkan. Sambal Nyuh merupakan hidangan pelengkap yang terbuat dari kelapa yang dibakar dengan campuran sereh. Sambal ini biasa dinikmati dengan beragam sayuran seperti mentimun, semanggi, kangkung, labu siam, dan sebagainya.

2. Sambal Rajang

Sambal Rajang Khas Bali

Istilah “dirajang” dalam masyarakat Jawa biasanya dipakai untuk menyebut bumbu masakan yang dipotong-potong atau tidak dihaluskan. Siapa sangka jika pecinta kuliner di Bali pun mengenal kata tersebut untuk teknik memasak yang sama. Dengan demikian, pantaslah jika sambal rajang yang kita bahas di sini merupakan perwujudan dari berbagai bahan yang dipotong-potong kemudian dimasak. Bahan-bahan yang dimaksud adalah cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, dan kencur. Semua bahan yang sudah dipotong-potong kemudian digoreng dengan minyak panas.

3. Sambal Sere Tabia

Sambal Sere Tabia Khas Bali

Tidak seperti namanya yang terkesan asing dan kompleks, sambal khas bali satu ini diproses dengan cara masak yang sebenarnya relatif simpel. Cabai merah, garam, serta terasi adalah 3 bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat sambal sere tabia. Jika ingin memperkaya rasa dan menambah variasi, bisa juga ditambahkan bawang goreng.

4. Sambal Embe

Sambal Embe Khas Bali

Dibanding ketiga sambal khas bali yang telah dibahas sebelumnya, embe bisa jadi merupakan sambal yang paling dikenal. Sambal ini direkomendasikan di berbagai blog makanan sebagai kuliner Bali yang wajib dicoba oleh pecinta makanan pedas. Bahan dasar yang digunakan adalah cabai, bawang merah, dan bawang putih yang digoreng setengah matang.


Nah, dari keempat sambal di atas, manakah yang menurut kamu paling menggugah selera dan layak dicoba jika berada di Bali? Apabila sedang berkuliner di Bali, kamu bisa menemukan menu makanan dan minuman di berbagai restoran Bali dengan lebih cepat di halaman ini.

Selamat mencoba…!

Penulis:

Content writer pemerhati bahasa dan ide-ide tulisan gaya hidup. Sedang mencari inspirasi menghadapi quarter life crisis di tengah dinamika masyarakat yang terlalu bersosial.

Beri balasan

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda * harus diisi